KKP Menguras Dompet, Mengurai Peluh, Bertabur Sejuta Kebaikan!!

KKP Menguras Dompet, Mengurai Peluh, Bertabur Sejuta Kebaikan!!

Lutfi Afifah

Bogor Agricultural University

Hi guys! Ketemu lagi dengan saya si mrs. Never give up! Atau sebut saja jeng ”Ng”.. hehee😀. Kali ini saya akan mengutarakan sedikit kisah saya.. dramatisir abis sii.. hahaaa… Yah inilah saya si jeng dari kota reog yang lagi ”tholabul ilmi” di IPB,. yang menurut survey termasuk salah satu the best five.. lahhh  amin..^^

Saya adalah salah satu mahasiswi di salah satu departemen yang paling saya acungi jempol yaitu Departemen Proteksi Tanaman. Seperti layaknya mahasiswa tingkat 4 pada umumnya. Pastilah ada yang namanya KKP (Kuliah Kerja Profesi) atau biasanya si di univ lain disebut KKN. Walaupun beda,. Ya sebenarnya beda si…!! hahaa.. ”tergantung mahasiswa menyikapinya!”. Apapun namanya, yang penting mah kontribusi nyata pada masyarakat.

Masih gamblang di ingatan saya, ketika akhir semester 6 kami disibukkan oleh segala sesuatu yang berbau KKP. Mulai dari ketemu kelompok KKP, bikin proposal, ketemu Dosen pembimbing, kuliah pembekalan,dll. Pokoknya menyita waktu banget deeee!!! Fyuuhhh capek deh!

Nah disemester ini saya juga sering bikin ulah akibat jadwal kuliah Minor saya (amin..), jadwal Ngasprak mk. Daskom saya yang bertabrakan dengan jadwal kuliah KKP. Aduuhh pusing urang!! Di salah satu sya harus kuliah minor, ngasprak, dan kuliah pembekalan KKP. Ga bisa kan kalau tubuh saya harus di bagi-bagi… Memangnya saya lontong yang bisa dipotong2 gitu.. hahaaa :p

Akhirnya harus ada yang di korbankan. Dan yang saya korbankan adalah Kuliah KKP.. tidak tanggung2 saya datang 15’ sebelum kegiatan kuliah usai!! Hahaaaa…… dasar lut! Kamu teh,. Curang..!!

Tepat tanggal 24 Juni 2010 saya berangkat ke Brebes dengan segudang peralatan yang sudah saya persiapkan dengan baik dari Bogor mulai dari Jaring dan poster2 serangga untuk program ”INSECT TEACHING”, styrofoam, jarum serangga, Herbarium, Plastik, Pestisida nabati, Bahan-bahan untuk Klinik Tanaman Alat2 smuanya lah… huh!! ”Saya mah niat Lillahi ta’ala untuk berjuang mengabdi untuk masyarakat kecil… dlm hati Lebay lu!!”

Sampai di Brebes saya dan kawan2 lalu menuju salah satu desa yang namanya ”CIPETUNG” yahh.. itu si merupakan desa paling kecil dibanding dengan desa-desa lain di kecamatan PAGUYANGAN. Tepat diatas desa cipetung adalah Pandan Sari,. desa ini paling dingin dan mempunyai panorama yang lebih indah ditambah komoditi jamur yang menopang masyarakat Pandan sari

Fyuuh… peluh menetes sejenak terhenti oleh dinginnya dan indahnya panorama Cipetung. Kelelahan saya di perjalanan dari Jawa timur tgl 23 kmaren terbayar sudah!! Wonder women bangett dah!!! 2 hari berturut2 di kendaraan. Alhasil, yah sedikit tepar dan demam ketika nyampek desa itu. Fyyuuhh.. Untung saya punya teman kelompok yang sanagt kompak abis.. Mereka adalah Muhammad Sofyan (MSL), Arkanuddin Siregar (AGH), Galuh Tri P. (AGH), Averina Sinaga (AGH), dan saya Lutfi Afifah (HPT).

Mulai dari minggu pertama sampai entah minggu keberapa kami bekerja keras dan bekerja sungguh-sungguh dalam KKP ini.. walau ada waktu seminggu gitulah buat ”CUTI!!” haahaaa pada kabur semua pada minggu ke-5 hahaaaa😀 Arkan dan saya pergi ke Bogor, Ave dan Galuh pergi ke Tegal, dan Ian ke Tangerang….. hahhaaa Eitsss…. jangan buruk sangka dulu yah!! Kami cutinya sangat bertanggung jawab ko! Hahaa… bukan tanpa alasan dan tanpa sebab ketika sepekan kita menghilang di sudut desa Cipetung.

Waktu saya kabur dari desa bukan lain karena beasiswa baru saya… heheeeeee ”Alhamdulillah, itu juga berkat Nelly Nailufar yang udah ngasih tau kabar itu alaupun dia menggunakan Account E-mail saya…” hahaaa…. Maklumlah di Cipetung GA ADA SINYAL BRO!! So, if somebody want to contack me.. so the answer is.. “Sorry, the number you have dialled  is busy. Try again in a few minutes” hahaaaaaa…..😀

Dan akibat dari BAD SIGNAL ini tiap sore saya harus manjat dinding! Bagaimana tidak… Hanya dinding2/tiang2 tertentu saja yg berpotensi ada sinyal.  hahaaa….😦

Dan akibat dari sinyal ini, teman kontrakan saya yang ada di Bogor jadi susah menghubungi saya. ”Nenek (sebutan sayang mereka), why your number  was not active? We have a big problem in our rent home”!! Oh my God apalagi ini?

Usut punya usut ketika saya turun ke kota, Oh ia.. tadi saya belum katakan kalau di Desa ini juga tidak ada transportasi. Adanya hanya TRUK SAYUR yang turun ke Bumi Ayu tiap pukul 6 Pagi. Subhanallah. WE LIVE IN LIMITED COMMUNICATION AND TRANSPORTATION.

Usut punya usut ternyata saya dan teman2 saya harus meninggalkan rumah yang sudah kami sewa selama 2 tahun ini. Aduuhhh Sedih banget si…. Orang mah ngurusin KKP nya, lha saya ngurusin kosan!! Ga banget dehh…

Tepat tanggal 2 Agustus I went back to Bogor dengan beberapa sample tanaman sakit yang sudah saya bawa dari desa itu. Hosyyyy… Capek!! Tanggal 3 Agustus jam 4.00 pagi saya nyampek di kosan lama. Huhhhhh..Pengeen nangis rasanya!! Emang udah nangis kali!! T.T

Banyak yang saya pikirkan saat itu. Huh… Tapi lut ingetlah kalau kamu itu tegar ”Like Javanese people in Common, Optimisic, Never Give Up!! n Enthutiastic to do somethink” Yah.. Anggap saja kalau semua itu cobaan dari Allah! Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar kemampuan hamba-nya..

Alhamdulillah.. Ibu saya pada tanggal 4 Agustus dating ke Bogor!! Huh…. Katanya si mau Bantu pindahan… ternyata She have another determined! What,. my mom want to buy a new car!! Jan tenan….!! Mumet q ngrasakne!!

Tanggal 5 Agustus saya pergi ke Pasar minggu komplek Deptan bersama Nelly Nailufar dan Veteriani Nova,.. Ngapain lut??? Ya ampun masih pada banyak yang tanya. Yah saya harus konfirmasi beasiswa Goodwill saya!! Heheee😀

Goodwill Orientation (August, 9 2010)

Goodwiller gathering at Museum nasional Jakarta

Yuphh… Finally, I met 6 August 2010

THAT’S MY BIRTH DAY….

Huffhhh tapi saya benar2 keliling Jakarta-Bogor pada tgl 6 dan 7 agustus to accompany my mom to buy a car!! So what gitu looohhhh… akhirnya dapet2 nya di BOGOR juga… AVANZA Gold akhirnya dibeli juga!! Hadoohhhh….

Tangga l9 Agustus lagi-lagi saya harus kemabali ke Jakarta untuk First Gathering Goodwill!!

Hari itu saya dan kawan2 dari IPB dan UI yang beruntung dapat beasiswa itu dilantik jadi Goodwillers. ”Im Proud to be Goodwillers, thats a special gift that I never had before.. Alhamdulillah!!”

Di tanggal yang sama saya langsung cabut ke BREBES bersama kedua orang tua saya, tentunya dengan mobil baru kami… heheeeeee ^_^ v

Dan entah pertanda apa ini.. saat kami sudah sampai di Subang yang saat itu wakti menunjukkan pukul 11.45 tepat kami mendapat accident!!!

I’v got an accident in the way to the brebes, of course with our new car!!!

Innalillahi wainnailaihi rojiun… T.T

Deru isak tangis ibu saya, kemurungan ayah saya, dan sedikit ketegaran saya!! Membuat lengkap sudah penderitaan saya…

Bagaimana tidak!! Mobil kami dimundurin TRUK… Dan alhasil mobil bagian depan kami sedikit penyok!!

MasyaAllah… Cobaan apa lagi ini.. Saya pun seperti orang gila berlari-lari di jalan pantura tepatnya di Dekat BB Padi. Saya berlari-lari mencari Kantor Polisi terdekat… di tengah padat merayapnya pantura dan macet penuh sesak dengan truk maupun Bus-bus malam.

Bagaimana tidak! Ibu saya masuk dalam Truk Berplat nomor K yang menabrak mobil kami.

Dan saya dan ayah saya berada di dalam mobil kami yang Kap depannya terbuka!! Saya sangat khawatir dan galau berat!!! Rasanya saya mau runtuh!!

Alhasil urusan pun selesai pada pukul 5.00 pagi. Walaupun urusan ga selesai2 amat si… kami Cuma dikasih ongkos ganti 400.000 untuk kerusakan mobil depan kami yang remuk!!

-Ya sudahlah, namanya supir mana punya uang lebih.. Untuk makan pun susah, sebenarnya saya sangatlah paham atas problema ini!!- mungkin ini sudah jadi kehendak-Nya.. Ikhlas bae!!

Nyampek di Brebes saya kembali menjalankan aktivitas seperti semuala.. Mengerjakan Klinik Tanaman yang buka tiap sore hari di Balai desa Cipetung, Pembuatan Rumah Mini Kompos, Demplot lahan Pertanian Sayur-sayuran yang telah menghanguskan kulit saya, INSECT TEACHING, Herbarium, Sosialisasi Pestisida Nabati, Pengajian Rutin… dll..

Rumah mini Kompos Cipetung
Antusiasme siswa SD Cipetung saat “Insect Teaching”
Gaya di demplot lahan teknik budidaya dan pemberdayaan Pestisida nabati Cipetung

Back to the normal KKP dengan kocek ongkos makan kami yang terhitung paling mahal se-Kab.Brebes… heheeee….😀

Habislah Uang Awak!!! Hahaaaaaa…..Habislah Uang Awak!!! Hahaaaaaa…..

Satu lagi kami juga dapat teman baru dari ke-7 mahasiswa Unsoed Purwokerto dengan Program Andalan mereka yaitu posdaya.. heheee.. Mreka adalah Abi, Kukuh, Bang Ed, mbak Ayu, Dhini, Dinar, dan mbak Irma…

KKP qt dan KKN Unsoed

Nice to know all of them!!

9 thoughts on “KKP Menguras Dompet, Mengurai Peluh, Bertabur Sejuta Kebaikan!!

  1. Salam kenal..^^. H-5 kbrangkatan sy KKN k desa cipetung. Thank god sempet baca postingan ini mbak e., *Kalo g bc ini dulu, bisa2 syok berat nyampe sana, g da sinyal, n numpang truk sayur..*.

  2. hi nurfy!!
    salam kenal juga yah…
    pesen lg ni dr lutfi..
    kalau ke cipetung bawa pelembab kulit yang banyak yahh.. cz udaranya kering gila! bikin kulit ngelopek2.. hehee…
    btw nurfy dr universitas mana ya?
    salam buat pak sutrisno (nama pak lurah nya) hehee…
    selamat KKN..

  3. baru baca lagi blog nya ni mbak e.., tanggal 1 maret kemaren selese KKN nya., sy dari unsoed, KKN nya POsdaya juga ngelanjutin Posdaya unsoed 2 gelombang kemaren.., sayang pas KKN blm bc ini lagi, jadi blm sempet sampein salamnya.., insya allah kalo ke cipetung lagi tak sampein..,

    Pak sutrisno lagi sedih lho mba e.., hehe, ada cerita panjang dan mengharu biru disana., hehe, sayang gak enak kalo diomongin disini…

    Seberesnya KKP kemaren, uda sempet ke cipetung lagi blm?

Leave a Reply

