PERENCANAAN FEATURE DAN PENULISAN FEATURE

*Download file terlampir!

DOWNLOAD PERENCANAAN PENULISAN FEATURE!

PRAKTIKUM MEDIA SIARAN (KPM 311)

ASISTEN: SYAFRUDDIN, MSI

PERENCANAAN FEATURE DAN PENULISAN FEATURE


KELOMPOK: 2

LUTFI AFIFAH           A34070039

ANNISA N.B.                E14070050

SARAH TSAQQOFA   F24070054

OKKYTANIA E.P.      F24070129

RISQIANA DEWI        G84070048

DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT

FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

2010

PERENCANAAN FEATURE

Dalam perencanaan feature maka langkah-langkah yang kami ambil adalah:

  1. Memilih tokoh
  2. Menghubungi tokoh
  3. Merencanakan pertemuan
  4. Wawancara
  5. Penulisan feature

Pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan adalah  antara lain seputar:

  1. What

Siapa sebenarnya sosok Roger yang mana salah satu penjual multivitamin dan pulsa keliling salah satu orang yang tidak asing di kalangan mahasiswa IPB?

  1. Why

Mengapa Roger jualan pulsa keliling di seputar IPB?

  1. Where

–          Dimana sebenarnya asal/tempat tinggal Roger?

–          Dimana tempat jualan Roger selain di dalam Kampus IPB?

–          Dimana Roger membeli barang dagangannya?

  1. When

Kapan sebenarnya Roger mulai berjualan?

  1. Who

Siapa saja orang yang sangat berperan dalam hidup Roger?

  1. How

–          Bagaimana sejarah Roger bisa menjadi penjual pulsa keliling?

–          Bagaimana strategi Roger dalam menghadapi pesaing-pesaing dengan pedangang yang lain?

–          Bagaimana pendapatan yang diperoleh Roger? Apakah mencukupi untuk kebutuhan keluarganya?

–          Bagaimana tanggapan keluarga maupun tanggapan pelanggan terhadap Roger?

–          Bagaimana modal awal yang digunakan oleh Roger?

PENULISAN FEATURE

ROGER, NO INTERVENTION!

Di pagi itu, ketika sang mentari masih malu-malu untuk keluar dari peraduannya. Terdapat sesosok manusia bersiap-siap untyk menjalankan aktivitas kesehariannya. Keadaan pagi itu masih sangat lesu bagi kebanyakan orang untuk beranjak dari tempat tidur mereka yang sangat hangat. Dingin menyeruak! Embun pagi di sekitar danau Bara V masih menetes dengan derasnya. Tetapi seorang pria gigih yang bernama Roger ini sudah siap untuk memulai aktivitasnya sebagai penjaja multivitamin dan penjaja pulsa keliling.

Siapa sih yang tidak mengenal Roger? Dimana kebanyakan mahasiswa IPB lebih familiar dengan muka Roger daripada muka Rektor kita. Penjaja yang satu ini mempunyai strategi unik dalam menjajakan dagangannya. “Pulsa… Pulsa, yang ijo, Ijo seger! Beli Pulsa dong”! Salah satu logat bicara yang unik. Si Roger ini merupakan penjaja yang sangat mobile. Bagaimana tidak, dia berjalan sangat cepat dari mulai Fakultas paling depan yaitu Faperta sampai FKH pun dia jalani setiap hari demi menjajakan semua dagangannya.

Tetapi dibalik keriangan Roger sebenarnya masih banyak yang tidak tahu siapa sebenarnya Roger itu. “Mbak, tahu Roger ga mbak”? Tanya kami. “Tahu lah mbak, siapa sih yang ga kenal dia, tapi ya kenalnya cuma aktivitasnya aja yang super sibuk “Pulsa!! Pulsa….. Haahahaaa…”Jawab seorang mahasiswa Fakultas Pertanian  (Gelak tawanya)”. Sebagian besar mahasiswa yang kami wawancara hanya tahu sosok Roger dari luarnya saja dan kurang tahu mengenai kehidupan yang sebenarnya dialami oleh dia.

Roger sebenarnya adalah seorang bapak 1 anak. Beliau telah menikah 2x. Istri pertama telah meninggalkan dia terlebih dahulu karena sang istri tercinta sudah dipanggil oleh Allah SWT. Beliau mendapatkan seorang putri tercinta bernama Siti Nuzahro dari istri pertamanya. Sedangkan istri keduanya telah cerai semenjak sekitar 2 tahunan lalu. Walaupun pelik kehidupan yang harus dijalankan Roger, tetapi dia tetap semangat dan pantang menyerah dalam menjalani hidup ini demi seorang anaknya dan juga untuk Orang tua tercintanya.

Pada awalnya, beliau bukanlah seorang penjaja multivitamin dan juga bukanlah penjaja pulsa. Nmun beliau adalah penjaja rokok. Tapi, Roger merasa sangat bersalah apabila dia menjual seseuatu yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh manusia. Karena berefek pada buruknya kesehatan. Oleh karena itu, dia beralih menjadi penjaja pulsa dan juga penjaja multivitamin keliling. Pendapatan dia sebenarnya tidak hanya berasal dari penjualan pulsa maupun multivitamin. Tetapi beliau juga merupakan pemilik kos-kosan di beberapa tempat di sekitar IPB. Beliau berujar “Yang penting itu, bukan hasilnya tetapi Prosesnya”.

Seorang gigih yang berasal dari Jakarta ini menuturkan banyak suka dan duka ketika dia menjalankan profesinya. Tetapi dia selalu optimis dalam menjalani setiap rintangan dalam hidup ini. Dalam hidup ini dia mempunyai rencana masa depan yang sangat mulia yakni menjalankan ibadah haji dan dapat menyekolahkan putri tercintanya ke Perguruan Tinggi. Beliau berpesan pada mahasisiwi-mahasiswi IPB untuk senantiasa memakai jilbab bagi yang belum mengenakan.

Sungguh, ada benarnya juga ungkapan “Don’t judge the book by the cover”!. Kenyataan yang sangat berbeda yang sebenarnya terjadi pada Roger daripada hanya melihat sosok beliau yang sangat periang. Ternyata juga menyimpan suatu misteri kehidupan yang mana tidak banyak orang yang tahu tentang hal tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s