Impian

Impian

“Berjuanglah untuk menggapainya dengan sepenuh hati”

Suatu ketika di sela-sela aktivitas saya membantu dosen pembimbing saya menyelesaikan suatu pekerjaan, saya sempat membuka beranda facebook. Ada suatu hal yang menarik bagi saya adalah salah satu teman saya Mbak Manik alumnus IPB dan juga alumnus University of the Ryukyus, Okinawa Jepang. Ada foto hasil tag-an wisuda master yang di tag oleh teman mbak Manik namanya unik “Jingga”. Dari foto tersebut saya melihat-lihat foto lain yaitu foto mbak Jingga. Rupanya mbak jingga ini telah wisuda tahun lalu dari Okinawa, sayang kami belum sempat bertemu. Mbak Jingga ini adalah alumnus Undip dan juga alumnus University of the Ryukyus. Saya melihat semangat yang luar biasa dari diri mereka. Belajar, kuliah, tugas, teman, dosen, administratif semuanya menjadi suatu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan dari proses kelulusan. Proses yang lama hingga suatu saat ketika sang mahasiswa tersebut lulus maka akan menjadi pribadi yang cerdas, terpelajar, santun, dan nantinya lebih mantap menyongsong masa depan (kehidupan pasca kampus). Hal-hal ‘sepele’ dari kehidupan kampus misalnya diskusi, berkonsultasi dengan dosen, cara kita bergaul dengan teman kita, sahabat kita, ataupun orang-orang disekitar kita secara tidak langsung sedikit-sedikit akan membentuk karakter kita.

Hal yang lebih menarik lagi bagi saya adalah melihat profil dari mbak Jingga ini, ada salah satu nama yang sangat familiar dan juga sudah saling kenal. Beliau adalah Danang Ambar P. (Alumnus IPB 41 yang menjadi Mapres IPB dan juga Mapres tingkat Nasional) yang sekarang sedang menyelesaikan studi Doktor nya di University of the Ryukyus. Dalam Profil mbak Jingga ini, mbak jingga memposting video yang mas Danang buat. Video yang sangat sederhana tapi membuat semangat saya lebih berkibar. Dalam video berdurasi sekitar 7 menit itu, beliau berkata bahwa mimpi itu adalah harapan. Mimpi tersebut harus ditulis karena jika tidak maka mimpi tersebut hanya akan jadi angan-angan. Karena pada dasarnya kita adalah pelupa, sangat mungkin jika kita lupa akan mimpi kita sendiri. Mas Danang yang juga menyebut dirinya sebagai ‘sang pembuat jejak’ itu juga berkata bahwa sejak dulu beliau telah membuat setidaknya ada 100 target impian, dan beliau menulis dalam beberapa lembar kertas dan ditempelnya di kamar ataupun di tempat-tempat lain. Terkadang memang kita malu apabila impian-impian kita tersebut dibaca oleh orang lain dan ketika mereka membaca mungkin ada yang sekedar senyum atau malahan tertawa karena impian kita ketinggian. Sebenarnya dalam konteks ini saya kurang setuju dengan opini orang lain yang terkadang berkata bahwa “Kalau bermimpi jangan ketinggian nanti kalau tidak kesampean kecewa’. Siapa yang tau suatu saat nanti semua list impian kita satu persatu akan kita coret? Hehe… Toh kalaupun belum bisa tercapai setidaknya kita sudah berusaha sebaik mungkin, yaa kan?? Jadi ya…. No Worry, Be positive and happy! J . Yakin aja semua itu proses pembelajaran yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut video yang mas Dangan buat. Cekidot!

Saat ini pun saya jadi terinspirasi merombak ulang list plan saya. Di kamar saya sebenarnya sudah ada white board dimana saya membaginya menjadi 3 bagian yaitu: Short term plan, Long term plan, dan Jangan lupa. Di bagian Short term ini merupakan impian dalam waktu dekat ini dan long term plan merupakan impian di masa mendatang, sedangkan jangan lupa merupakan bagian wajib yang harus saya kerjakan setiap harinya atau setiap minggunya termasuk olahraga. Namun saat ini saya jadi ingin merombaknya. Saya akan membuat 100 target impian saya. Membuatnya pun sepertinya juga tidak mudah. Butuh 1 minggu sepertinya untuk me-list harapan dan impian saya. Selain itu saya ingin membuat scrap book khusus untuk Impian-impian saya (baru rencana sih). Jadi sudahkah kalian tau impian kalian? Mari kita memulainya dari sekarang, mari membuat jejak!. Good luck!!

Leave a Reply

